Mengenal Mesin Inline 4 dan V4 di MotoGP

0
Inline 4 dan V4 MotoGP

GPCorner.com – Yaap seringkali kita sebagai penggemar MotoGP kita membanding-bandingkan konfigurasi mesin jenis inline4 dan V4. Tapi taukah kalian perbedaan kedua motor ini ? Berikut gpcorner akan coba uraikan untuk kalian

Mesin inline 4 adalah mesin dengan 4 silinder segaris dengan keempat silinder yang terpasang mendatar satu arah di dalam blok mesin. Di motogp sendiri hanya ada dua pabrikan yang menggunakan konfigurasi mesin jenis ini yakni Yamaha dan Suzuki.

Sedangkan mesin V4 adalah mesin 4 silinder dengan silinder yang susunannya diatur sedemikian rupa hingga membentuk huruf V, Ducati, Honda, Aprilia dan KTM menjadi pabrikan yang menggunakan mesin jenis ini.

Mesin inline 4

Baca juga : Marc Marquez Juara MotoGP San Marino Setelah Kalahkan Quartararo

Dengan perbedaan konfigurasi tersebut pastinya akan memiliki dampak pada dimensi mesin. Inline 4 cenderung lebih lebar, tetapi lebih pendek dan memiliki bagian yang lebih sedikit. Dampaknya, posisi air box dan sistem exhaust lebih mudah pada mesin jenis ini.

Sedangkan di mesin V4 lebih ramping dibandingkan inline 4, tetapi lebih panjang dan memiliki banyak bagian. Dampaknya, posisi air box dan sistem exhaust lebih rumit pada mesin V4.

mesin konfigurasi V4

Dengan perbedaan dari segi kerampingan mesin ini, tetu akan mempengaruhi dimensi motor serta aerodinamika. Dengan adanya perbedaan dimensi maka penempatan  keduanya pada sasis juga berbeda sehingga akan menimbulkan perbedaan pada titik gravitasi yang berbeda pula.

Yaap hal tersebut seringkali yang membuat orang menyebut mesin inline 4 lebih lincah untuk diajak menikung ketimbang V4. Sementara dari sisi power V4 jauh lebih dasyat ketimbang Inline4. Untuk penjelasan kunggulan keduanya akan dijelaskan pada next artikel yaa bro, jadi pantengin terus gpcorner.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here