Ini Dia Alasan Yamaha Tampil Cepat di Misano ?

0
Yamaha Misao

GPCorner.com – Para pembalap Yamaha tampil cepat di hari pertama free practice MotoGP San Marino 2019. Ini sekaligus melanjutkan tren positif yang dilakukan oleh Yamaha yang juga mendominasi saat tes Misano beberapa waktu yang lalu.

Saat free practice 1 Fabio Quartararo langsung menggebrak dengan menempati posisi pertama mengalahkan Marquez dan disusul oleh Vinales. Dominasi Yamaha berlanjut ke FP2, kini giliran Maverick Vinales yang mampu menjadi tercepat. Bahkan di FP2 keempat pembalap Yamaha Vinales, Quartararo, Rossi dan Morbidelli mampu menguasai 5 besar hanya terselip nama Marquez di posisi ketiga.

Lalu pertanyaannya kenapa Yamaha bisa kompetitif di Misano, berikut analisa gpcorner gaes ? Alasan pertama tentu saja karena karakter sirkuit Misano yang banyak memiliki tikungan cepat sehingga sangat klop dengan fleksibilitas sasis Yamaha YZR-M1.

Dari gambar jelas terlihat sebagian besar tikungan di Misano berkarakter cepat, seperti tikungan 6 sampai 8 dan 11 sampai 13. Selain itu karakter zig-zag pada sektor pertama sirkuit juga akan menguntungkan motor Yamaha. Dari data itu semua diperkuat dengan histori bahwa Yamaha merupakan pabrikan dengan kemenangan terbanyak sejak 2007 dengan 6 kemenangan.

Baca juga : Ternyata Bagi Rins Kemenangan Atas Rossi, Lebih Mengesankan Daripada Marquez !

Kemudian hasil ujicoba tes Misano beberapa waktu yang lalu menjadi modal utama bagi Yamaha. Selain data mereka juga serius menyiapkan balapan di Misano dengan menggunakan part-part baru yang di tes pada sesi tes kemarin. Terlihat dalam free practice 1 Valentino Rossi menggunakan, swingarm carbon, double side muffler dan carbon brake cover . . .dengan dipakenya part tesebut itu artinya mereka nyaman dan medapatkan feedback lebih.

Lalu selanjutnya adalah faktor sang rider, Valentino Rossi tentu tak ingin melepas seri Misano begitu saja. Ia pasti ingin menebus kegagalanya di Mugelo dengan mengincar podium di Misano. Lalu bagi Quartararo dia pasti ingin membuktikan kalo Ia sangup menang dengan tim satelit terutama usai insiden Silverstone, yang kala itu Ia tampil matang saat free practice namun harus gagal karena mengalami crash dengan Dovi.

Baca juga : Ducati Sebut Quartararo The Next Marc Marquez !

Kejutan selanjutnya tentu akan datang dari Vinales, jangan lupa gaes . . .Vinales adalah tipe rider yang menyerang saat akhir balapan dia juga seorang pembalap yang mampu allout saat sudah menemukan feeling yang tepat dengan motornya dan hasil FP2 adalah bukti bahwa Ia sudah nyaman dengan setup motornya.

Namun itu semua hanya analisa gaes, konsistensi saat balapan adalah bukti utamanya nanti. Meski memiliki modal bagus mereka juga diprediksi tak akan mudah meraih kemenangan di Misano nanti karena Marquez selalu tampil super konsisten dan di tambah Dovi dan Rins yang diprediksi juga akan meramaikan persaingan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here