Fungsi Aerodinamika Fairing Pada MotoGP

0

GPCorner.com – Sejak 2016 ada yang berbeda pada fairing motogp gaes . . . hampir semua tim menggunakan winglet untuk mengatasi down force pada motor mereka.

Namun karena dianggab berbahaya wingletpun di larang pada musim 2017 dan digantikan perannya dengan aerodinamika fairing.

Lalu sebenarnya apa fungsi aerodinamika fairing kenapa saat ini hampir semua tim motogp menggunakan fairing tersebut tidak seperti jaman dulu.

Hal tersebut tak lepas dari kebijakan Dorna yang membuat peraturan ECU standar untuk kelas motogp. Dengan ECU standar tersebut tentu saja membuat tim semakin terbatas untuk melakukan pengembangan termasuk untuk mengontrol down force pada motor mereka.

Baca juga : Lawan Terberat Yang Pernah Dihadapi Valentino Rossi

Dengan menggunakan aero fairing pada motor maka di harapakan akan menambah daya tekan roda depan agar tidak musah terangkat atau wheelie. Selain itu aero fairing juga mampu membantu akselerasi motor menjadi lebih cepat dibandingkan dengan fairing standar.

Dari sisi kestabilan aero fairing juga mempunyai nilai lebih karena mampu menyeimbangkan motor saat rider melakukan pengereman lantaran kontak ban depan dengan aspal tetap terjaga.

 

Namun dari beberapa kelebihan aero fairing juga masih memiliki kelemahan ketimbang fairing standar, yakni dari segi top speed dan kelincahan saat bermanuver fairing standar lebih baik gaes ketimbang dengan aero fairing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here