GPCorner.com – Halo bro yang seperti kita tau aerodinamika fairing sudah menjadi komponen penting dalam tunggangan para rider MotoGP. Namun taukah kalian gak para pabrikan tidak boleh sembarangan dalam mendesain aero fairing tersebut. . .ada ukurannya bro.

Untuk mempermudah dalam pengukuran akhirnya lahir alat uji dimensi (JIG) untuk fairing MotoGP. Pada dasarnya JIG ini sama persis dengan alat uji dimensi koper yang bisa masuk ke kabin pesawat, jika fairing masuk atau lebih kecil dari alat ukur ini makan fairing motogp akan lolos.

Setelah pengukuran, pengujian selanjutnya adalah uji material apakah ada yang tajam atau tidak pada ujung winglet. Dimensi fairing sendiri sudah diatur dalam buku regulasi motogp yang diterbitkan oleh FIM.

Pada regulasi tersebur jarak lebar fairing kiri ke kanan tidak boleh lebih dari 60 cm dan jarak minimum ujung antara dua setang sebesar 45cm. So jadi udah jelas yaa gaes selain berfungsi sebagai down force, dimensi aero dinamika fairing juga didesain tidak sembarang ! ada ukurannya . . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here